Senin, 25 Mei 2015

Tahap pembelajaran pendekatan RME

Tahap pembelajaran pendekatan RME

Pembelajaran matematika realistik (RME) mempunyai tahapan tertentu yang membedakannya dengan pendekatan pembelajaran lainnya. Berikut ini adalah langkah kegiatan dalam pembelajaran matematika realistik (RME) :

1. Memahami masalah yang merupakan soal kontekstual. Guru memberikan masalah kontekstual dan meminta siswa untuk memahami masalah tersebut.

2. Menjelaskan masalah kontekstual. Guru menjelaskan masalah tersebut dengan memberikan petunjuk atau saran seperlunya terhadap bagian tertentu dari masalah tersebut yang siswa tidak mengerti, penjelasan hanya sampai siswa mengerti maksud masalah tersebut.

3. Menyelesaikan masalah kontekstual. Siswa secara individu maupun kelompok menyelesaikan soal kontekstual tersebut. Perbedaan dalam memahami soal diperbolehkan. Dengan menggunakan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), siswa mengerjakan soal dalam tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk menyelesaikan masalah dengan cara mereka sendiri dengan memberikan arahan berupa pertanyaan-pertanyaan.

4. Membandingkan dan mendiskusikan hasil diskusi dalam kelompok. Guru memfasilitasi diskusi dan menyediakan waktu atau kesempatan untuk membandingkan dan mendiskusikan kembali jawaban dari soal secara kelompok, kemudian selanjutnya diskusi klasikal di kelas.

5. Menyimpulkan. Guru mengarahkan siswa untuk menarik kesimpulan suatu konsep atau prosedur, selanjutnya guru meringkas dan menjelaskan konsep yang termuat dalam soal itu (Turmuzi,2008:6).

Artikel lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar